"WELCOME TO GUDANG ARTIKEL - PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR"
Home » » Pengertian dan Sejarah Internet

Pengertian dan Sejarah Internet



Definisi / Pengertian Internet
Internet merupakan kependekan dari interconnected-networkin, jadi definisi / pengertian Internet sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan “online” di internet. Pekerjaan ini bisa di ibaratkan seperti kita berjalan-jalan di tempat hiburan sembari melihat-lihat ke toko-toko namun tidak membeli jualan tersebut. Internet juga dapat didefinisikan sebagai interkoneksi seluruh dunia komputer dan jaringan komputer yang memfasilitasi sharing atau pertukaran informasi di antara pengguna. Dari definisi / pengertian internet tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa semua computer di dunia berhubungan melalui internet.

Sejarah Internet
Internet memiliki sejarah yang panjang, oleh karena itu Sejarah internet saya urai berdasarkan tanggal / tahun bersejarah berikut sejarah singkat internet sebagai berikut:

Tahun 1969, Internet pertama kali digunakan untuk menjaring computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Tujuannya untuk keperluan militer dan akhirnya dipecah menjadi dua yaitu keperluan militer dan non militer.

Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET dan pada tahun

Tahun 1973, Jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat yaitu Komputer University College di London sebagai yang pertama.

Tahun 1976 (26 Maret) Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern

Tahun 1982, dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet

Tahun 1984, Diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat

Tahun 1990, Tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet

Tahun 1994, Untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet.

Jumlah pengguna Internet semakin berkembang, sehingga Internet bagai sebuah budaya. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Internet makin mudah di akses, bahkan Internet sudah sampai di plosok-plosok daerah. Berbagai informasi ada di Internet.

Manfaat / Kegunaan Internet
Kegunaan internet sangat beragam, internet bisa digunakan untuk mencari informasi, teman, hobby, pengetahuan, dan lain sebagainya sehingga internet bisa dibilang sumber pengetahuan baru. Banyak situs di internet yang menyediakan pendidikan / kursus online, atau berbelanja online. Sudah banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai lahan meraut dolar sehingga internet bukanlah hal yang baru lagi. Salah satu orang terkaya dunia karena internet adalah Mark Zuckerberg, 26 tahun, yaitu pemilik Facebook (4.9 milyar dollar)
Internet juga sebagai sarana promosi untuk mempromosikan produk, ataupun tempat wisata dan lain sebagainya. Di Indonesia penggunaan internet meningkat dengan cepat, ditunjang perkembangan teknologi sehingga internet bisa di akses dimana saja dengan menggunakan handphone. Hal ini yang membuat internet dijadihan tempat untuk berpromosi.

Cara Mengakses Internet
Beriringnya perkembangan teknologi modern, membuat kita makin mudah mengakses internet. Di tempat – tempat umum yang sering menyediakan layanan internet antara lain, kampus, café, bandara, restoran dan masih banyak lagi tempat mengakses internet terutama di daerah Amerika dan Eropa. Adapun tempat yang berbayar seperti Warnet dan ini merupakan tempat yang paling mudah di datangi.
Cara lain yang biasa digunakan untuk mengakses internet ialah menggunakan Modem. Operator seluler berlomba – lomba memproduksi modem dan bersaing member harga murah untuk akses internet. Selain modem, bisa juga menggunakan handphone yang memenuhi syarat. Salah satu negara dengan akses Internet yang terbaik adalah Korea Selatan dan Swedia.

2 comments:

  1. ♥♦♣♠ PELANGI KOIN ♠♣♦♥

    TERSEDIA 8 PERMAINAN DALAM 1 USER ID :
    BANDARQ
    ADUQ
    BANDARPOKER
    POKER
    DOMINO99
    CAPSASUSUN
    SAKONG
    BANDAR66

    BANK TERSEDIA : BCA,MANDIRI, BRI, BNI, DANAMON
    NB : PENGGUNA BANK DAERAH ? ATAU PENGGUNA JASA TRANSFER ?
    KAMI TERIMA SEMUA JENIS NYA DAN PROSES SECEPATNYA DEPO & WD ANDA BOSS

    -DENGAN MINIMAL DEPOSIT SANGAT TERJANGKAU, 20 RIBU
    -MENYEDIAKAN BONUS KOIN TERBESAR & JACKPOT BERLIMPAH SETIAP HARINYA
    -TRANSAKSI SEMUA BANK 24 JAM,TANPA SYARAT
    -TIPS & TRIK JITU MENANGKAN JUTAAN KOINNYA SETIAP HARI DARI CS PROFESIONAL

    JANGAN RAGU LAGI, SEGERA DAFTAR, DAN MENANGKAN JUTAAN-RATUSAN JUTA KOIN NYA SETIAP HARI

    BOSS MENANG, KAMI SENANG
    WD TANPA BATAS

    WA: +855963935880
    BBM : E3F4F0DF
    LINE : PELANGIKOIN
    FB : PELANGI KOIN
    IG : PELANGI_KOIN

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search This Blog

Hit Counter

Please Join This Site !!!

Contributors

Reza Maulana. Powered by Blogger.

Arsip Blog

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. GUDANG ARTIKEL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger