"WELCOME TO GUDANG ARTIKEL - PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR"
Home » » "Hwarang" Pasukan Elit Dari Korea Kuno Yang Di Takuti Oleh Pasukan Jepang

"Hwarang" Pasukan Elit Dari Korea Kuno Yang Di Takuti Oleh Pasukan Jepang

image

Hwarang (makna harfiah:"pemuda bunga") adalah sebuah institusi pemuda yang berkembang di masa kerajaan Silla dari abad ke-6 sampai ke-10. Hwarang disebut pula pungryudo, pungwoldo atau huksondo. Kelompok ini dididik untuk menjadi pemimpin dalam masyarakat melalui pelatihan yang keras dalam bidang seni bela diri, disiplin diri, norma sosial dan perilaku. Mereka diharuskan untuk mengembangkan etos yang melayani kepentingan negara, menghargai tradisi, serta menciptakan jiwa kooperasi, kesetiaan dan semangat.

image

Rakyat Korea saat ini mengenal prinsip tersebut sebagai etos Hwarang. Etos Hwarang dipelihara sepanjang sejarah Korea dan saat ini dijadikan sebagai prinsip Akademi Militer. Hwarang melakukan banyak aktivitas olahraga, berburu, bertualang, berziarah, menyanyi, menari dan bermain.Mereka juga mahir memanah, berkuda, berpedang, menombak, dan bermain bola (chukkuk).Karena berprinsip pada patriotisme, mereka berada pada garis depan dalam pertempuran untuk melindungi negara.


image
Gambar ini telah di perkecil agar sesuai dengan halaman. Klik pada gambar untuk melihat ukuran aslinya.

Patung Jenderal Kim Yu Shin, di Seoul

Hwarang juga melakukan ziarah ke tempat-tempat suci untuk mendisiplinkan diri dan melatih fisik. Karena rakyat Silla memuja langit dan gunung, maka hwarang melakukan perjalanan di berbagai tempat suci di seluruh negeri seperti pegunungan dan pantai-pantai

5 Etos Hwarang:

1. Loyalty to one's lord (sagun ichung; 사군이충; 事君以忠; 나라에 충성하고)
2. Love and respect your parents and teachers(sachin ihyo; 사친이효; 事親以孝; 부모님께 효도하고)
3. Trust among friends (gyo-u isin; 교우이신; 交友以信; 믿음으로 벗을 사귀고)
4. Never retreat in battle (imjeon mutwae; 임전무퇴; 臨戰無退; 싸움에 나가서는 물러서지 않으며)
5. Never take a life without a just cause (salsaeng yutaek; 살생유택; 殺生有擇; 살아있는 것을 함부로 죽이지 않는다)

IMO: Hwarang bisa dibilang samurai nya Korea, namun karena kemahiran nya di segala bidang mereka sangat ditakuti oleh musuh terutama pasukan Jepang yang kala itu sering menginvasi Korea sebagai tanah jajahannya, karena sudah terbukti pasukan Korea telah berhasil beberapa kali memukul mundur pasukan Jepang dengan menempatkan para Hwarang di barisan depan. Walaupun mereka mahir dalam menggunakan segala jenis senjata, mereka lebih prefer menggunakan Busur dan Panah. 


Sumber: http://gudangartikel.net/discussion/1669/hwarang-pasukan-elit-dari-korea-kuno-yang-di-takuti-oleh-pasukan-jepang/p1#ixzz1gPlopgXc

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Search This Blog

Hit Counter

Please Join This Site !!!

Contributors

Reza Maulana. Powered by Blogger.

Arsip Blog

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. GUDANG ARTIKEL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger